Budidaya Ikan Patin Dengan Kolam Keramba

Jalurbudidaya.com – Budidaya ikan patin yang jarang kita temui yaitu dengan menggunakan kolam keramba, kalau menggunakan kolam tanah , kolam beton dan yang sedang populer saat ini adalah kolam terpal mungkin sudah biasa dan lagi ngetrend.

Nah sobat budidaya kali ini kita akan mencoba sesuatu yang baru dalam teknik budidaya ikan. Kita akan mencoba inspirasi baru dalam budiddaya ikan patin yaitu dengan menggunakan kolam keramba.  Keramba adalah kolam ikan yang terbuat dari kayu atau bambu dengan ukuran 4mx2mx1m ukuran ini bisa di sesuaikan dengan kondisi sungai yang ada. Keramba ini diberi lubang di bagian atas dengan tujuan untuk pemberian pakan dan pengecekan kondisi ikan serta untuk mempermudah pemanenan ikan.

Budidaya Ikan Patin Denga Kolam Keramba

Persiapan benih ikan patin untuk kolam keramba ini sebenarnya hampir sama dengan budidaya ikan patin di kolam – kolam yang lainnya yaitu dengan menyiapkan benih ikan patin di aquarium sebelum benih benar – benar siap untuk di tabur di kolam. Aquarium yang digunakan untuk persiapan benih tidak terlalu besar yaitu dengan ukuran 80cm x 45cm x 45 cm dengan diisi air tanah dari sumur yang masih segar.

 

Setelah benih ditabur di kolam pemberian pakan pada ikan patin harus sesuai dengan takaran 3 – 5 % dari berat ikan pati , jadi jika waktu penebaran beih ika patin seberat 10kg maka pakan yag di berikan 0,5kg untuk beberapa bulan, lakukan pengecekan untuk mengukur berat ikan supaya disesuaikan dengan kebutuhan pakan.

Salah satu yang jadi keuntungan dari kolam keramba dalam budidaya patin ini kita tidak terpaku pada pakan ikan pellet maupun pakan ikan tambahan yang kita buat sendiri, karena ikan telah dapat makanan tambahan dari sumber makanan yang ada si aliran sungai tersebut, Sehingga dapat sedikit menghemat biaya operasional pakan.

Pemeliharaan ikan patin pada kolam keramba ini hubugannya dengan penyakit yang sering menyerang ikan patin, Untuk perawatannya kita harus menjaga kondisi lingkungan keramba agar tetap bersih dan air yang mengalir tidak terlalu tercemar olah bahan bahan yang dapat membahakan kesehatan ikan.

Untuk panen ikan patin dengan berat 1kg pada kolam keramba kita hanya membutuhkan waktu 6-12 buan, tergantung dari kondisi air  dang prawatan serta pemberian pakan yang kita lakukan.

Demikian sekilas mengenai budidaya ikan patin kolam keramba, Semoga menginspirasi anda dalam berbudidaya ikan.

Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.