Pembesaran Koi di Kolam Terpal

Jalurbudidaya.com – Untuk menghasilkan ikan peliharaan dalam jumlah besar serta pertumbuhannya baik maka pembenihannya pun haruslah baik serta benar. Budidaya ikan koi di kolam terpal menjadi salah satu peluang urusan ekonomi yang menggiurkan dan sangat menguntungkan. Oleh alasannya yakni itu, bagi pemilik lahan luas sangat termakan untuk mencoba budidaya ikan koi di bak terpal. Kolam terpal ini bangkit di atas tanah yang dilubangi dengan ketinggian dan kedalaman tertentu dan membentuk bak ikan. Kemudian tinggal dilapisi dengan terpal. Atau, Anda mampu membuat bak terpal di atas tanah yaitu pertama dengan membuat kerangka dari kayu kemudian menyandarkan terpal ke kerangka tersebut.

Budidaya Ikan Koi Di Kolam Terpal Sederhana

Budidaya ikan koi di bak rumah pun banyak dilakukan pengusaha-pengusaha kecil atau hanya untuk sekedar kesenangan pribadi. Ikan ini memang menunjukkan ketenangan maka tidak heran banyak orang membuat bak ikan koi di halaman rumah. Disamping itu cara budidaya ikan koi di bak terpal mampu dikatakan gampang-gampang susah. Jika Anda mengingnkan yang cepat, beli saja benihnya kemudian masukkan ke dalam kolam. Atau Anda juga mampu melaksanakan pembibitan dari awal dengan memasukkan ikan jantan dan betina dalam bak kemudian tunggu hingga mereka menghasilkan benih. Namun pembibitan dari awal memang penuh resiko karena mampu saja ikan mati sebelum menghasilkan benih.

Cara Membuat Kolam Kolam Ikan Koi Terpal

Agar budidaya ikan koi bisa berjalan dengan baik, maka dubutuhkan tambak atau kolam ikan yang sudah memenuhi standar budidaya ikan jenis ini. Satu cara yang bisa anda gunakan adalah membuat kolam ikan koi dari terpal yang juga sudah banyak digunakan para pengembang biak ikan pedaging atau ikan hias seperti ikan koi ini.

Membuat kolam terpal bisa dilakukan dengan 2 cara yakni dibangun diatas tanah memakai ukuran dan tinggi tertentu atau cara kedua dengan membuat kolam masuk di dalam tanah dengan ukuran dan kedalaman tertentu juga.

Jika anda ingin membuat kolam ikan koi terpal diatas tanah, maka anda membutuhkan kerangka seperti material kayu atau bahan solid lain seperti baja, besi atau cor beton. Sedangkan kolam ikan koi terpal yang dibuat masuk ke dalam tanah tidak memerlukan kerangka sebab anda bisa menyandarkan kolam ikan langsung dengan dinding tanah.

Perhatikan lokasi pembuatan kolam ikan koi mendapatkan sirkulasi udara baik dan sinar matahari yang cukup. Sedangkan untuk ukuran serta kedalaman kolam ikan bisa disesuaikan dengan jumlah ikan koi yang akan dipelihara.

Budidaya ikan koi di bak terpal hampir sama dengan budidaya ikan gurame di bak ataupun ikan lainnya. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan yaitu kebersihan air harus selalu terjaga. Jika menjumpai sampah segera bersihkan. Pakan pun harus teratur dan jangan hingga lupa memberi makan. Karena peletakkan bak berada di luar ruangan, usahakan jangan terkena matahari secara langsung. Sebisa mungkin buat peneduh. Jika bak ada di dalam rumah yang rentan dengan anak-anak, buat pagar pembatas semoga belum dewasa tidak mudah menjangkau ikan dalam kolam.

Selain menjaga kebersihan serta teratur menunjukkan makan hal lain yang perlu Anda perhatikan yakni memasang filter serta mengatur suhu kolam. Jangan hingga suhu bak terlalu panas ataupun terlalu dingin. Gampang-gampang susah memang melaksanakan budidaya ikan koi di bak terpal.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.