Cara Budidaya Brokoli Mudah Hasil Melimpah

Jalurbudidaya.com – Cara Budidaya Brkoli Mudah Hasil Melimpah. konsumen terbesar sayuran brokoli masih di kalangan menengah ke atas. Pasalnya, dibandingkan sayuran lain, harga brokoli lebih mahal. Hal itu, menurut Bagus, sebanding dengan kandungan gizi yang terkandung di brokoli. “Tanaman ini bisa mencegah kanker dan meningkatkan daya kerja otak,” ujar Bagus. Bagus sendiri membuat dua kategori kualitas brokoli, yakni brokoli berkualitas baik dan kualitas biasa.

Brokoli kualitas baik khusus dipasarkan ke restoran-restoran. Brokoli kualitas ini masih dalam keadaan segar dan baru dipetik petani. “Dipetik pagi langsung dikirim, sehingga paling lambat sore sudah bisa sampai,” terang Bagus. Harga brokoli kualitas baik ini dibanderol Rp 25.000 per kilogram (kg).

Cara Budidaya Brkoli Mudah Hasil Melimpah

Cara Budidaya Brkoli Mudah Hasil Melimpah

Langkah awal yang perlu diperhatikan saat pembudidayaan brokoli adalah mempersiapkan lahan yang kan ditanami. Bersihkan lahan yang akan ditanami brokoli dari tanaman-tanaman liar dan kemudian dibajak. Pembajakan tanah dilakukan dengan menghancurkan bongkahan-bongkahan tanah sehingga menjadi lebih halus dan lebih gembur. Hal ini dilakukan supaya tanaman brokoli bisa tumbuh dengan maksimal. Lahan yang telah dibajak kemudian dicampur dengan pupuk.

Untuk penggunaan pupuk sebaiknya menggunakan pupuk kandang. Pencampuran antara tanah dan pupuk juga harus merata. Setelah proses ini selesai, Sobat Quick dapat mulai membuat lubang dengan ukuran kedalaman kurang lebih 30 cm dengan jarak untuk masing masing tanaman sekitar 40—50 cm.

Untuk bibit brokoli, Sobat Quick dapat membelinya di toko penjual bibit. Kebanyakan bibit brokoli masih didatangkan dari luar negeri. Pada umumnya bibit yang dijual masih dalam bentuk benih siap semai. Bibit yang Mas Quick peroleh dapat disemaikan dalam polybag hingga tumbuh menjadi kecambah. Biasanya waktu yang diperlukan oleh bibit sampai tumbuh kecambah adalah satu bulan. Setiap kecambah biasanya memiliki 3—4 helai daun. Setelah kecambah tumbuh daun, baru dapat ditanam pada media tanah

budidaya brokoli

Setelah memindahkan kecambah dari polybag ke media tanah, perawatan yang harus dilakukan adalah melakukan penyiraman rutin pada tanaman. Penyiraman biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari. Lakukan penyiraman setiap harinya.

Pada masa awal tanam, perawatan tanaman dapat dilakukan dengan membersihkan lahan apabila ada tanaman pengganggu yang ikut hidup di sekitar brokoli serta menyemprotkan cairan anti hama secara rutin. Tujuannya, brokoli aman dari serangan hama dan penyakit yang akan memengaruhi pertumbuhan dari brokoli. Untuk pemupukan sendiri biasanya dilakukan setiap 2 minggu sekali. Apabila Sobat Quick membudidayakan brokoli untuk keperluan bisnis, sebaiknya lakukan penanaman setiap hari. Hal ini bertujuan agar panen dapat dilakukan terus-menerus dan berkelanjutan.

Brokoli akan siap dipanen saat berusia 3 bulan. Brokoli yang siap panen biasanya memiliki warna hijau kekuning-kuningan. Panen brokoli sebaiknya dilakukan pada saat pagi hari setelah embun menguap. Bisa juga dilakukan pada saat sore hari sebelum embun jatuh dengan cara melakukan pemotongan pada tangkai kepala bunga.

Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.