Cara Budidaya Ikan Hias Parrot Lengkap

Jalurbudidaya.com – Ikan Hias parrot adalah hasil Persilangan ini dilakukan dan perkenalakan di Taiwan pada tahun 1986. Pada persilangan ini menghasilkan ikan parrot berwana oranye terang, akan tetapi ada juga warna lain seperti misalnya merah, kuning, coklat, dan tan.

Ikan parrot ini berasal dari taiwan. Aqarium yang dibutuhkan untuk merawat ikan cantik asal Taiwan ini minimal adalah yang berkapasitas air 30 galon. Karena ikan ini bisa tumbuh hingga 15 sampai 24cm, maka aquarium lebih besar tentunya lebih baik. Pada umumnya satu ekor ikan parrot biasanya dibandrol Rp 50. 000 hingga 80. 000

Gambar Ikan Parrot

Cara Budidaya Ikan Parrot

Pemiliah indukan ikan parrot dapa dilakukan dengan membedakan indukan jantan dan betina. Berikut ciri – ciri indukan jantan dan indukan betina ikan parrot.

  • Sirip punggung dan sirip anal atau duburnya, jika bulat maka itu ikan parrot betina.
  • Pembatas antara kepala dan tubuh, jika ada batasan yang jelas maka itu ikan parrot jantan. Sedangkan untuk betina pembatas tidak begitu jelas. Selain itu kelainan pada bentuk bibir parrot betina kurang begitu menonjol dari pada kelainan bibirnya parrot jantan.
  • Ketika sedang memijah, ikan parrot jantan warnanya akan lebih cerah dan pada tenggorokanya tampak lebih berwarna merah muda.
  • Yang ke 4 bisa kita lihat dari perilakunya ketika memijah, parrot jantan akan menggali sarang baik di pasir maupun di kerikil sedangkan betina akan berkeliling di sekitar sarang. Dan begitu telur diletakan di sarang, maka sang jantan yang akan menjaganya di luar sarang.

Tempat budidaya ikan parrot .  Akuarium harus dibuat sedemikian rupa maka adatidak sedikit ruang sembunyi bagi ikan Red Parrot. Buatkan pula gua-gua sbg ruang bersembunyi, sanggup dari bebatuan, pot tanah liat atau drift woods. Spesies inisenang sekali menggali kerikil di basic akuarium.

Idealnya, volume air di dalam akuarium paling tak 35 galon. Seandainya ikan sudah dewasa, atau mencapai panjang 8-10 inchi, air yg dibutuhkan 55 galon. Mereka lebihsenang tinggal di daerah bersama PH seputar 6.5-7 dgn temperatur akuarium 7-8 derajad Celcius. Yakinkan biar akuarium memperoleh sinar matahari yg pass. Supayamutu senantiasa terjaga, akuarium mesti dibersihkan paling tak dua kali sebulan.

Gambaar Akuarium Ikan Parrot

Pakan ikan ini enteng didapat. Mereka gemar makan cacing kering, cacing beku, makanan yg yg dihancurkan maupun udang. Tetapi, makanan idola mereka yakni cacing darah. Pakan yg tenggelam lebih mereka sukai ketimbang pakan yg mengambang di permukaan. Biar warna rona cerah kepada ikan senantiasa terjaga, berikanlah pakan ygtajir bakal beta karoten.

Ikan Red Parrot dikenal yang merupakan ikan yg bisa memproduksi telur bersama jumlah tidak sedikit, tetapi kepada kala periode kawin, tak seluruh telur sanggupmenetas. Kadang-kadang, pemijahan buatan tidak sukses maksimal sebab sekian banyak telur terinfeksi ikan non-hibrid. Telur juga ada yg terkena penyakit jamur makaindukan bakal memakan telur tersebut supaya jamur tak tersebar ke dalam tangki.

Pentingnya menjaga mutu air teramat beralasan sebab sekian banyak penyakit mampu meneror keselamatan ikan, sepeti flek hitam. Bercak hitam ini masalah yg tidak jarang dijumpai kepada ikan kakaktua merah. Flek hitam pula barangkali menggambarkan situasi diwaktu pemijahan. Sehingga, sebelum di beli, sebaiknya senantiasa teliti lebih-lebih dulu maka ikan yg didapat memang ikan yg sehat.

Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.