Cara Budidaya Ikan Mas Koki Di Akuarium

Jalurbudidaya.com – Ikan koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat mudah untuk di pelihara. Banyak penggemar ikan hias menyukai ikan ini. Harga ikan mas koki ini pun realatif cukup mahal. Jadi budidaya ikan mas koki menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Untuk memulai budidaya ikan mas koki yang harus anda perhatikan kualitas indukan. semakin baik kualitas indukan ikan akan semakin baik pula hasil budidaya. Ikan mas koki dapat di budidayakan di beberapa tempat seperti kolam terpal, beton dan juga bisa di akuarium. Teknik budidayanya sama hanya saja medianya yang berbeda.

gambar ikan koki

Cara Budidaya Ikan Mas Koki Di Akuarium

Pemilihan indukan ikan mas koki untuk di budidayakan tidak sembarangan, ada beberapa hal penting yang haru anda perhatikan antara lain:

  1. Indukan ikan siap untuk dilakukan pemijahan jika sudah berumur 7 bulan dengan ukuran tubuh minimal 7cm.
  2. Pilih indukan ikan yang memiliki tubuh proporsional dan sisik yang sehat atau tidak rontok.
  3. Untuk mendapatkan anakan ikan yang beragam warna pilihlan induk yang polos dan berbeda warna antara induk jantan dan betina.
  4. Calon induk harus sehat dan gerakannya lincah

Ciri – ciri ikan mas koki betina

  1. Jika pda bagan perut kita urut ikan akan mengeluarkan telur yang berwarna kuning
  2. Bentuk perut lebih besar
  3. memiliki dubur yang berukuran besar dan bulat

Ciri – ciri ikan mas koki jantan

  1. Jika kita urut bagian perut dari depan kebelakang maka akan keluar cairan sperma berwarna putih susu
  2. Terdapat benjolan kecil pada bagian tutup insang dan bisa juga di bagian jari – jari pertama pada bagian sirip dada.
  3. Memiliki dubur yang berbentuk oval dan berukuran kecil

Jika kita sudah menentukan indukan ikan koki yang akan kita budidayakan. Langkah selanjutnya adala memijahkan indukan yang telah kita pilih. Proses pemijahan ikan koki tidak terlalu sulit. Untuk memijahkan ikan ini sebaiknya kita menggunakan akuarium agar lebih mudah untuk mengontrol perkembangan proses pemijahan.

Pemijah dilakukan pada sore hari dengan memasukkan indukan pad akuarium untuk melakukan pembuahan. Anda bisa melakukan pemijahan dengan perbandingan 1:2 . Satu ikan koki jantan dengan 2 ikan betina. Setelah itu kita hanya menunggu sampai ikan melakukan perkawinan  yang di tandai dengan indukan betina mengeluarkan sel tlur dan indukan jantan mengeluarkan sperma.

gambar ikan mas koki

Setelah telur – telur ikan keluar dari induknya segera angkat indukan jantan dan betina dari akuarium, hal ini menghindari agar telur tidak dimakan oleh induk. Telur – telur tersebut akan menetas dalam waktu 2 – 4 hari. Setelah telur-telur itu menetas, kita harus benar-benar memperhatikan kondisi air akuarium karena anakan ikan atau larva sangat rentan sekali mati. suhu air yang diperbolehkan antara 24-28 derajat celcius. Selain itu, ketersediaan oksigen juga perlu diperhatikan dan jika perlu gunakan aerator untuk menambah oksigen dalam air.

Ketika pertama kali menetas, larva memiliki butiran kuning yang menempel di sekitar mulut. Butiran kuning ini merupakan makanan untuk larva itu sendiri. Jika butiran kuning ini sudah habis, kita baru bisa memberikan makanan untuk larva ini kuning telur ayam yang sudah direbus dan di potong kecil-kecil selama 3-4 hari, setelah habis anda perlu memberikan makanan berupa jentik nyamuk atau cara budidaya kutu air (moina atau daphnia) selama satu bulan pertamanya, berikan pakan sedikit-demi sedikit, enam kali sehari pada pukul enam pagi hingga pukul lima sore. Ikan mas yang sudah cukup besar dapat anda beri makan bloodworm (cacing darah) atau cara budidaya Cacing Sutra. Setelah dewasa Ikan Mas Koki dapat anda beri pelet dengan kadar protein tinggi dan mengandung multivitamin dan mineral

Demikian cara budidaya ikan mas koki, mudah bukan. Silahkan anda coba dirumah dan semoga sukses.

 

Tags:
author

Author: 

One Response

  1. Jenis Ikan Koki Berharga Tinggi - Jalur Budidaya10 bulan ago

    […] beberapa jenis ikan koki yang dapat kami sampaikan. Bila anda ingin memulai budidaya ikan mas koki anda harus mempelajari jenis ikan koki yang sedang banyak orang […]

    Reply

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.