Cara Hidroponik Pada Budidaya Lobak Putih

Jalurbudidaya.com – Salah satu sayuran yang dapat tumbuh dengan baik dan subur yaitu lobak. Namun masih banyak yang belum menggeluti usaha budidaya lobak. Lobak dengan kualitas baik dapat di bandrol dengan harga yang tinggi.┬ákandungan gizi yang terdapat pada lobak seperti lemak, protein, karbohidrat, vitamin B, dan vitamin C. Karena banyak sekali kandungan gizi di dalam lobak membuat lobak semakin diminati oleh masyarakat. Karena banyak yang mengonsumsi lobak, membuat keberadaan lobak banyak diburu di pasaran.

Selain sebagai bahan sayuran lobak juga dapat digunakan sebagai obat gangguan ginjal dan demam. Di samping itu, dapat pula menghasilkan lendir dalam kerongkongan sehingga baik untuk obat batuk. Umbi lobak dapat dimakan mentah atau dibuat acar, tetapi umumnya dibuat sebagai campuran soto.

lobak

Cara Hidroponik Pada Budidaya Lobak Putih

Penyemaian Benih Lobak dapat disemai dari benih atau bibitnya dan dapat disemai dengan menggunakan grow cubes seperti rockwool, oasis cubes dan media lainnya. Setelah tumbuh akar dan daunnya benih lobak dapat dipindahkan pada media tanam hidroponik yang telah disiapkan. Benih lobak yang disemai akan tumbuh dan siap dipindahkan dalam waktu beberapa hari atau satu minggu.

Pastikan sebelum dipindahkan ke media tanam hidroponik, akar lobak telah dibersihkan dari kotoran yang menempel dan berasal dari media semai yang digunakan. Meskipun demikian, sebenarnya benih lobak dapat langsung ditanam dalam media hidroponik dengan cara meletakkan atau menyebarkannya langsung pada media tanam dengan interval jarak yang tidak terlalu jauh.

Penyemaian Benih Lobak

Namun, lobak yang ditanam tanpa proses semai hasilnya tidak semaksimal lobak yang melewati masa persemaian terlebih dahulu. Pemilihan Media Tanam dan Pemberian Nutrisi Beberapa jenis media tanam yang cocok digunakan untuk menanam lobak secara hidroponik adalah media pasir, arang sekam, maupun cocopeat tapi berdasarkan pengalaman para pembudidaya lobak secara hidroponik, media terbaik untuk menanam lobak adalah campuran perlite dan vermiculite.

Isilah wadah media tanam atau netpot dengan media tanam tersebut tapi pastikan sisakan beberapa ruang dibagian atas wadah media tanam atau dengan kata lain jangan mengisinya hingga penuh. Berikan nutrisi khusus hidroponik secara teratur tergantung sistem atau model hidroponik yang digunakan baik menggunakan sistem wick, dutch bucket atau sistem hidroponik lain yang kompatibel untuk menanam lobak. Jika ditanam dan dirawat dengan cara yang benar maka lobak dapat dipanen setelah satu bulan dan berita baiknya lagi, tanaman ini bisa ditanam dan dipanen kapan saja sepanjang tahun.

Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.