Cara Merawat Ikan Guppy Juara

Jalurbudidaya.com – Anda pecinta ikan hias? dan ingin ikan hias guppy anda menjadi juara atau paling tidak ikan guppy kesayangan anda tampak menyenangkan bila dilihat.Bentuk tubuhnya bagus, warna siripnya keluar memancar dan ikannya sehat. Begini cara merawat ikan guppy agar terlihat menarik.

Nah untuk merawat ikan guppy kesayangan anda ini dibutuhkan beberapa cara agar ikan guppy sehat dan selalu tampil cantik diakuarium anda. Pemeliharan serta perawatan ikan hias Guppy relatif gampang. Berikut sebagian panduan memelihara ikan hias Guppy, termasuk tips pemijahannya, yang bisa kamu kerjakan sendiri:

Cara Merawat Ikan Guppy

Air adalah habitat tepat hidup ikan, kualitas air yang baik akan membuat ikan juga tumbuh dangan baik pula.
Supaya ikan guppy kesayangan anda hidup dengan sehat, sangat disarankan air akuarium haruslah yang ber PH 7,5 hingga 8, supaya ikan guppy bernafsu untuk malahap ketika anda memberinya makan.
Bukan hanya PH-nya saja yang bagus, air akuarium haruslah bersuhu 25 – 28 derajat celcius.
Jangan lupa pula sebelum anda gunakan untuk tempat hidup guppy anda, air harus diendapkan selama kurang lebih 2 hari, supaya zat – zat berbahaya hilang.

Air dalam akuarium baiknya diganti 2 atau 3 minggu sekali atau bergantung kekeruhan air. Jaga suhu atau temperature air stabil pada 15 – 27 derajat celcius. Akuarium perlu memiliki cukup oksigen. Untuk itu kamu dapat memberikan air pump atau alat untuk menyemburkan gelembung air supaya oksigen dalam akuarium terjaga.

Untuk makanan, baiknya diberikan 2 x 1 hari serta janganlah terus-terusan dikasih makan. Makanan dapat diperoleh secara alami, seperti lumut, jentik-jentik, ataupun cacing. Namun karena mulut ikan Guppy sangat kecil, sebaiknya potong atau bentuk makanan itu jadi kecil-kecil untuk memudahkan masuk ke mulut Guppy. Bila tidak tentunya akan repot, dan makanan Guppy juga dapat dibeli di toko ikan hias.

Kesimpulan :
Kunci sukses merawat ikan guppy di akuarium adalah menjaga kondisi airnya. Tidak jauh berbeda dengan manusia, ikan yang tinggal di lingkungan yang bersih dan sehat akan memiliki usia harapan hidup yang lebih lama. Oleh sebab itu, Anda wajib melakukan pengurasan air di akuarium secara teratur. Seminggu sekali, gantilah sepertiga dari volume air dengan yang baru. Sedangkan pembersihan akuarium secara menyeluruh dapat dikerjakan setiap sebulan sekali atau selambat-lambatnya adalah tiga bulan sekali.

Demikian Cara merawat ikan guppy kesangan.jika anda berminat membudidayakan ikan guppy silahkan pelajari budidaya ikan guppy disini.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.