Metode Floating Raft Peralatan Hidroponik Sederhana

jalurbudidaya.com РMetode floating raft / rakit apung adalah salah satu metode menanam yang mengunakan peralatan hidroponik paling sederhana. Dengan peralatan hidroponik paket ini anda dapat mencoba metode menanam hidroponik. Lengkap dengan aerator atau mesin gelembung, berfungsi untuk menjaga asupan oksigen pada tanaman, selain dengan menjaga aerator atau mesin gelembung menjaga asupan oksigen pada tanaman para petani ikan juga menerapan metode Floating Raft atau rakit apung (biasa juga disebut float, deep channel, deep flow) tanaman dalam netpot dimasukan kedalam lubang pada polystyrene board (sterefoam) yang mengapung diatas air. Seringnya ini dibuat terpisah dengan Fish Tank. Air mengalir terus menerus dari fish tank melewati sistem filtrasi, kemudian ke raft tank yang merupakan tempat tanam dan kembali lagi ke fish tank.

Bakteri menguntungkan hidup didalam raft tank dan seluruh sistem. Volume air yang banyak di raft tank menyediakan buffer untuk ikan, mengurangi stres dan potensi masalah kualitas air. Ini adalah salah satu kelebihan sistem raft.

Pada sistem komersial, raft tank dapat mencakup area yang luas dengan memanfaatkan lantai green house secara maksimal. Penyemaian dan penanaman tanaman mulai dilakukan pada salah satu sisi ujungnya kemudian seiring waktu rakit di dorong diatas permukaan air dan tanaman yang sudah dewasa akan berada pada ujung lainnya dan siap dipanen. Saat tanaman pada rakit selesai dipanen maka dapat dilakukan penyemaian atau penanaman kembali pada rakit tersebut dan kembali lagi ditempatkan pada sisi ujung awal. Mengoptimalkan pemanfaatan lahan sangat penting dalam pengaturan green house skala komersial.

Peralatan Hidroponik Sederhana

Paket 1 Hidroponik Kit Lengkap Metode Floating Raft 6 Lubang Tanam

Isi dalam box :

  1. 1 buah tray semay 9 lubang lengkap dengan cover dan alas
  2. 1 pcs styrofoam 6 lubang tanam
  3. 1 pcs ember plastik kotak
  4. 1 pcs Nutrisi A 250ml kemasan botol
  5. 1 pcs Nutrisi B 250ml kemasan botol
  6. 6 pcs Net Pot
  7. 1 pak Rockwool (50 pcs) ukuran 5x3x1.5 cm
  8. 1 pcs Aerator (mesin gelembung)
  9. 2 meter selang angin
  10. 1 pcs Batu gelembung
  11. 1 pcs Bibit bayam hijau 2 gr (700 biji)
  12. 1 pcs Bibit caisim 2 gr (700 biji)
  13. 1 pcs Bibit pakcoy green 2 gr (700 biji)
  14. 1 pcs Bibit kangkung 35 gr (700 biji)
  15. 1 Lembar kertas petunjuk

Dimensi dalam bak plastik 28x36x13 cm

 

Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.