Teknik Pemberian Pakan Budidaya Ikan Patin

Jalurbudidaya.com – Dalam membudidayakan ikan patin salah satu teknik yang tidak boleh terlupakan agar budidaya ikan patin sukses adalah dalam pemberian pakan ikan patin.Nutrisi yang cukup dalam pakan dapat merangsang pertumbuhan ikan pati dengan baik dan menjaga ikan patin dari segala penyakit.

Teknik pemberian pakan ikan patin ini juga erat kaitannya dengan biaya operasional yang butuh dalam pembudidayaan.  pemberian pellet setidaknya harus diberikan sekitar 4 kali dalam sehari. Pemberian pellet ini, sesuai dengan ukurannya, diberikan mulai benih ditebar hingga patin telah siap dipanen. Dosis pakan per 12500 ekor tebaran adalah 50 kg/bulan.

Pakan Ikan Patin

Pada bulan kedua pakan yang disediakan adalah 150 kg, sementara pada bulan ketiga 300 kg. Setelah itu anda bisa mengurangi pellet dan menambahkan pakan alternative untuk menekan biaya.

Cara Pemberian Pakan Ikan Patin

Pemberian pakan benih ikan patin dengan ukuran sekitar 1mm kita menggunakan pakan pelet dari prabrik dengan standard vitamin yang telah di berikan untuk menjaga  keseimbangan dalam pertumbuhan bibit ikan. Perubahan berat dan dosis yang digunakan sebanyak 15 kali selama 5-6bulan.

Adapun cara lain untuk membuat pakan ikan patin yaitu dengan membuat pelet sendiri sehingga sedikit dapat menghemat biaya produksi. Bagaimana caranya membuat pakan patin sendiri? . Beberrapa bahan tambahan yang dapat digunakan untuk membuat pakan ikan patin seperti Tepung ikan 30% , Tepung Bungkil 25%, Tepung Kedelai 25% , Dedek Halus 20%. Diberikan secara bertahap, yakni pada pagi, siang, sore, dan malam hari. Sedangkan pakan belut lebih baik menggunakan pakan alami, karena lebih disenangi belut. Pakan tersebut dapat dibudidayakan sendiri sehingga lebih ekonomis, seperti cacing, keong mas, dan ikan kecil. Pemilihan jenis pakan dan budidayanya dapat Anda pilih sesuai kondisi dan potensi alam sekitar.

Anda bisa menggunakan mesin pencacah atau menumbuk secara manual. Anda juga bisa memanfaatkan gilingan daging jika punya. Sebelum diberikan pada patin, adonan dari bahan diatas harus dijemur terlebih dahulu untuk menghilangkan kadar air.

Beberapa kandungan makanan ikan patin harus mengandung beberapa nutrisi sebagai berikut

 

  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Vitamin
  • Mineral

Berikut Jenis – Jenis Makanan Ikan Patin Dengan Nutrisi Tinggi

1. Makanan Ikan Patin Alami – Artemia (Artemia salina)

Artemia atau brine shrimp merupakan salah satu jenis pakan alami yang hidup di laut. Telur artemia yang baru menetas merupakan jenis pakan awal bagi larva patin (sampai umur 7 hari) yang kandungan proteinnya tinggi.

2. Makanan Ikan Patin – Cacing Sutra (Tubifex sp)

Tubefex sp. dikenal sebagai cacing sutera karena memiliki tubuh yang lunak dan sangat lembut seperti sutera atau disebut juga cacing rambut karena bentuknya panjang dan sangat halus menyerupai rambut.

3. Makanan Ikan Patin – Kutu Air (Daphnia sp dan Moina sp)

Daphina sp. dan Moina sp merupakan jenis kutu air yang sering dijadikan pakan pada larva patin, yakni keyika kantog telur (yolk) larva yang melekat pada tubuhnya mulai habis.

 

 

Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.